Dalam sebuah usaha yang terpenting di dalamnya adalah bukan dari banyaknya jumlah konsumen, namun berapa banyaknya repeat order yang masuk. Begitupun bisnis jasa, yang diutamakan dalam bisnis jasa adalah seberapa puas konsumen dengan hasil yang kita kerjakan.
Berikut 7 Cara Mempertahankan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Laundry :
1. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan
Komunikasi bisnis harus tetap dilakukan untuk memberi tanda bahwa kita sebagai pengusaha laundry ada dan peduli kepada konsumen. Beri waktu konsumen untuk berinteraksi dengan kita, lalu Anda akan menuai kesan baik setelahnya. Tampung keluh kesah konsumen, ini berguna untuk kelangsungan usaha Anda. Tidak semua jasa laundry mau menerima keluh kesah konsumen dengan terbuka dan hati yang tulus. Anggap konsumen sebagai teman akrab dan bicara dari hati ke hati sehingga Anda mengerti apa yang mereka rasakan. Ini adalah jalan untuk meningkatkan pelayanan jasa laundry Anda.
2. Tingkatkan Pelayanan
Meningkatkan pelayanan jasa laundry Anda sangat penting. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan lama Anda supaya tidak pindah ke lain hati.
3. Pandai Menempatkan Diri
Tempatkan diri Anda sebagai pemilik laundry sekaligus sebagai konsumen. Dalam hal ini jika Anda mendapat complain dari konsumen, posisikan diri Anda sebagai konsumen yang pakaiannya bermasalah, disisi lain juga tempatkan diri Anda sebagai pemilik laundry yang memberi solusi untuk masalah yang sedang dihadapi
4. Memahami Kebutuhan Konsumen
Membuka bisnis jasa bukan melulu masalah untung dan pelanggan yang banyak. Sebisa mungkin pahami kebutuhan konsumen dan sesuaikan harga layanan Anda. karena hal itu akan Mempertahankan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Laundry.
5. Memberikan Servis Yang Sesuai
Kebanyakan orang hanya mencoba sesuatu sekali saja. Namun, jika jasa atau pelayanan yang diberikan benar-benar baik, maka pelanggan akan kembali lagi.
6. Apresiasi Untuk Konsumen
Pelanggan setia sebuah outlet laundry akan lebih memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan tersebut jika mendapatkan hadiah. Jika Anda ingin memiliki pelanggan dengan loyalitas tersebut, maka berikan hadiah pada target yang akan dituju. Pemberian hadiah tidak akan merugikan perusahaan karena kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan pelanggan bisa semakin bertambah.
7. Mencatat Daftar Konsumen
Buat catatan tentang semua konsumen Anda. Daftar konsumen berguna untuk melihat siapa saja konsumen yang aktif ke outlet kita, daftar konsumen juga penting untuk memberi penawaran seputar promo dan apa saja yang menyangkut laundry kita.
Komentar
Posting Komentar